Kabupaten Subang yang berada di sebelah utara kota Bandung dan berkontur bukit lereng gunung Tangkuban Perahu menjadikannya tempat singgah. Maka tidak heran kalau di Subang ini banyak sekali tempat liburan yang tidak pernah sepi pengunjung. Salah satunya yaitu Pemandian Sari Ater Ciater Subang atau biasa di sebut Ciater Subang. Sebenarnya untuk masyarakat Jawa Barat sudah tidak asing lagi tempat wisata ini, tapi kamu yang belum tahu yuk simak infonya. Lokasi Ciater Subang, berapa harga tiket masuk dan apa aja fasilitas yang ada di sini.

Banyak sekali sebenarnya tempat wisata di Ciater ini, nah untuk menjadi referensi kamu berikut saya infoin nih wisata pemandian air panas yang bisa di kunjungi di sini.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang
Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang

Pemandian Air Panas Ciater Subang ini berada di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Klik Di sini) Letaknya berada di jalur Subang-Bandung yang mana jalanan nya ga pernah sepi. Kamu yang loewat jalur ini sudah pasti melihat plang baliho besar banget untuk masuk ke tempat ini.

  1. Dari Arah Subang Kota
    Mulai dari Alun-alun Subang kita akan berada di jalan Jenderal Ahmad Yani yang menuju ke atas/Bandung. Jalan terus sampai kamu melewati Jalan Cagak yang ada Tugu Nanas nya ambil ke arah kanan. Setelah jalan beberapa meter ambil arah kiri di jalan Palasari II Babakan Gunung. ada Plang petunjuk arah ke Ciater dan Bandung. Jalan terus dengan pemandangan perkebunan teh sampai kamu melewati Ciater Highland Resort. Sudah masuk di jalan raya Ciater pemandangan sudah banyak rumah-rumah dan toko-toko, lokasi jalan masuk ada di sebelah kiri dengan plang besar masuk ke Pemandian Air Panas Ciater.
  2. Dari Arah Bandung
    Untuk yang kamu dari arah Bandung cukup mudah kok jalan menuju ke tempat ini. Kamu hanya jalan naik ke atas menuju Lembang dan mengarah ke Tangkuban Perahu. Setelah melewati pintu masuk menuju Tangkuban Perahu kamu jalan terus di jalan utama sampai melewati perbatasan Bandung Subang. Dari perbatasan itu ga jauh lagi sampai di Pemandian Air Panas Ciater Subang. Lokasi ada di sebelah kanan.
Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang
Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk dapat masuk ke tempat wisata ciater subang ini kamu mesti menyiapkan uang tiket masuk Rp. 35K di luar biaya parkir Rp.40K. untuk mobil. Namun harga ini hanya untuk masuk ke kawasannya saja, sungai-sungai kecil yang airnya di suhu sekitaran 40 Derajat Celcius. Sebenarnya cukup saja mandi-mandi hangat di sini, karena untuk masuk ke kolam lagi di kenakan biaya lagi Rp.50K dan beberapa wahana lainnya berbayar lagi di luar tiket masuk tadi. Untuk jam buka Pemandian Air Panas Sari Ater Ciater Subang ini 24 Jam ya, jadi buka terus tanpa tutup kecuai ada pemeliharaan. Di hari weekend tiba lokasi ini sangat penuh dengan pengunjung.

Fasilitas Yang ada di Ciater

Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang
Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang

Dengan harga tiket masuk Rp.35K sebenarnya kamu sudah banyak menikmati pemandangan dan merasakan air panas yang ada di sini. Namun apa aja sih fasilitasnya, berikut kita lihat ya.

  1. Sungai kecil pemandian air panas
    Berendam di sungai kecil atau kolam-kolam yang airnya mengalir dari mata air pegunungan asli khas belerangnya sudah bisa kamu nikmati. Di sini tempatnya orang-orang pada mandi, semua penunjung yang mau mandi biasanya di tempat ini. Airnya di percaya bisa menghilangkan pegal-pegal dan penyakit kulit.
  2. Kolam Berbayar
    Kalau tadi sudah termasuk tiket masuk kalau kolam khusus ini berbayar lagi ya untuk masuk ke dalamnya. Ada beberapa kolam yang privat, artinya cuma orang yang mau bayar Rp.50K lagi yang bisa masuk ke tempat ini. HHahah kok gitu sih, iya memang gitu makanya di kolam ini sedikit orang yang masuk ke dalam. Karena sudah merasa cukup mandi-mandi di sungai kecil yang mengalir.
  3. Waterpark untuk anak-anak
    Nah, selain kolam tadi ada juga beberapa wahan air untuk anak-anak nih, sudah pasti kolam juga ya namun tidak terlalu dalam bisa di bilang dangkal gitu. Di sini memang di buat oleh pengelola untuk anak-anak bermain dan seru seruan.
  4. Flying Fox
    Nah, yang butuh adrenalin lebih kamu bisa mencoba flying fox Ciater ini. Cukup siapin uang Rp.50K untuk dapat naiki flying fox ini. Jaraknya cukup menantang melewati danau kecil dan beberapa pepohonan tinggi.
  5. Bebek dan Angsa Gowes
    Nah, untuk wahana gowes di air juga ada nih, kamu bisa menaiki wahana bebek dan angsa gowes di sini di danau kecil tadi yang di lewati flying fox.
Sari Ater Ciater Subang
Sari Ater Ciater Subang

Fasilitas Makanan dan Berenang

  1. Warung-Resto
    Makanan dan minuman sudah barang tentu ya hal wajib yang harus kamu dapatkan. Di sini banyak stand menjual makanan dan minuman bahkan ada juga yang menjual pakaian untuk kamu yang mau mandi. Jadi ga perlu khawatir ya.
  2. Kamar Bilas
    Habis mandi di air panas, kamu mesti bilas baju dan mandi kan untuk membersihkan badan. Nah ayo kita ke kamar bilas namun mesti bayar lagi Rp.2K ya. Tempatnya memang sudah banyak namun masih mengantre juga nih, karena semakin banyak juga pengunjung di sini.
  3. Sewa Tikar
    Untuk yang mau lesehan di setiap spot-spot bagus, kamu bisa menyewa tikar dengan harga Rp.50K dan Rp.100K. Kamu bisa buka timbel kamu bersama orang tercinta di tikar samping sungaiyang mengalir air panas.
  4. Tenda-tenda
    Nah untuk yang mau glamping, bisa banget ya. Kamu hanya menyewa tenda ke pengelola dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bisa juga dengan teman mu yang hobi dengan camping-camping, karena memang tempat ini buka 24 jam.

Hal yang mesti Di Persiapkan

Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang
Pemandian Air Panas Ciater Sari Ater Subang

Lokasi wisata Ciater Subang sudah di sampaikan, harga tiket masuk Cianter juga sudah di kasih info nih. Termasuk fasilitas-fasilitas yang ada di tempat ini. Sekarang seperti biasa, saatnya untuk ngasih info penting nih buat kamu sebelum berangkat ke tempat ini.

Utamakan jaga kesehatan badan, jangan begadang saat besok mau berangkat. Untuk kondisi mobil juga pastikan dalam kondisi yang prima, ban mobil dan rem yang harus di cek dulu di bengkel atau sendiri. Jangan lupa juga bawa obat-obatan dan nasi timbel untuk yang mau nimbel dan makan bersama di sana dengan tikar yang ada. Pastikan juga kamu bawa uang ya, karena kalo sudah sampai sana kamu ga bakal deh cuma diam aja pasti banyak yang akan di beli. Untuik oleh-oleh juga mesti ada di list perencanaan perjalanan kamu sih, karena oleh-oleh ini juga bisa membantu UMKM di siata Ciater ini.

Okay, terima kasih sudah baca sampai sini, dan kita akan ketemu lagi di artikel selanjutnya, jangan lupa balik lagi ya ke www.katasopi.com karena masih banyak info-info penting lainnya.