Halo kalian semua yang mau berencana untuk healing di pantai. Setelah kita mengunjungi beberapa pantai seperti Pantai Parang Tritis dan Pantai Glagah. Nah, sekarang saatnya kita bergeser kearah timur menuju Gunung Kidul. Yuhu, kita akan jalan mengunjungi pantai yang lagi banyak di omongin orang nih, Pantai Midodaren Gunung Kidul Yogyakarta.

Saking banyaknya pantai di Jogja kita juga bingung ya pantai mana yang akan di kunjungi. Nah, untuk Pantai Midodaren ini secara administrasi letaknya di Kab. Gunung Kidul di mana masih termasuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti apa sih pantai yang lagi dibicarakan banyak orang ini, alamat pantainya di mana dan berapa harga tiket masuknya. Kemudian fasilitas apa yang ada di sana. Langsung aja kita cek yuk.

Lokasi Alamat Pantai Midodaren

Pantai Midodaren ini engga terlalu jauh kok dari Yogyakarta, hehehe…. Masa sih? beneran loh, engga sampai lebih dari 3 jam kok untuk menuju kesana. Bagi kalian yang suka jalan pasti seneng dah jalan menuju ke pantai ini. Lokasi detil dari Pantai Midodaren berada di Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871. Atau kalau kalian mau dipandu lewat google maps kesana bisa banget, nih kita sematkan peta nya. Kalian tinggal klik aja gambarnya di bawah biar langsung diarahin sama google maps ya. Tapi hati-hati jangan sampai kesasaer. hehehe…

Arah Rute Jalan dan Jarak Tempuh Menuju Pantai Midodaren

Karena lokasi pantainya searah dengan pantai Ngobaran dan Pantai Drini, jadi kita akan ikuti jalan menuju pantai ini.

  • Jarak dari Kota Yogyakarta 54 km
  • Jarak dari Kota Wonosari 25 km

Arah dari Kota Yogyakarta
Dari kota Yogyakarta kita di arahkan untuk menuju Imogiri sampai ke Pantung Kuda Sultan Imogiri ya. Setelah itu ambil jalan ke arah Barongan-Bibal. Jalan terus sampai ketemu perempatan Legundi lalu ambil jalan kiri kearah Saptosari. Pastikan kalian melewati RSUD Saptosari ya. Setelah itu kita melewati RSUD Saptosari dan Lapangan Saptosari kalian jalan dikit kedepan dan ketemu pertigaan lalu Belok Kanan. Jalan terus sampai ketemu Desa Kanigoro ya. Dari situ udah deket ke pantainya.

Pantai Midodaren
Pantai Midodaren (kredit foto Instagram @arianti_waruwu29)

Arah dari Kota Wonosari
Sebenarnya untuk kalian yang dari arah Wonosari ada dua jalur yang bisa kalian ambil ya. Satunya lewat Saptosari dan satu nya lagi bisa lewat Tanjung Sari/Kemadang. Nah kalau itu gampang tinggal ikuti jalannya aja ya. Karena nanti bakalan ketemu di Desa Kanigoro tadi.

Harga Tiket Masuk (HTM) dan Jam Operasional

Nah, tadi udah di kasih tau nih mengenai lokasinya jadi kalian udah dapet gambaran ya perjalanannya kaya apa. Sekarang untuk harga tiket masuk pantai Midodaren ini termasuk parkir kendaraan bermotor dan juga restribusi lainnya kita cek ya.

  • Harga Tiket Masuk Rp.5.000/orang
  • Harga Parkir Motor Rp.3.000
  • Jam buka 06.00 – 18.00 WIB

Fasilitas Pantai Midodaren

  • Pasir Putih
    Rasanya ga lengkap ke pantai tanpa menyeburkan diri ke air, ya minimal kaki nya lah ya basah kena air pantai ini. Yup, kalian bisa banget main air di sini dengan pasir putihnya yang lembut dan keren banget kalai ambil foto di sini. Tapi nyebur kedalam air juga hati-hati ya karena di depannya ada karang yang tercampur dengan pasir. Untuk kamar bilas juga belum memadai. Jadi persiapkan segalanya.
Pantai Midodaren Pasir Putih
Suasana Pantai Midodaren Pasir Putih (kredit foto Instagram @nay.alkharish_)
  • Bukit Spot Foto Keren
    Nah, ini yang di tunggu tunggu ya, bukit ini berada disamping pantai yang memanjakan mata setiap melihat deburan ombak disini. Seluruh deburan ombak terlihat jelas dan epic banget di foto saat ombak sedang naik keatas. Ini harus banget ya dapet momennya karena kita harus menyesuaikan kapan ombak akan datang dan berdebur tepat di depan kita.
Pantai Midodaren
Pantai Midodaren (kredit foto Instagram @n_saaaa_)
  • Camping di bukit pantai
    Siapa nih yang hobi banget camping atau berkemah di alam. Cocok banget pantai Midodaren ini dijadikan tempat camping kita. Di samping tempat nya yang pas banget di atas bukit, camping di sini juga bisa dapet ketenangan diri dengan deburan ombak khas pantai selatan dan kalian bisa bermalam dengan di temani suara khas malam di pantai.
Pantai Midodaren Camping
Pantai Midodaren Camping (kredit foto Instagram @roni.oo)
  • Makanan dan Minuman
    Yang kehabisan bekal makanan di jalan atau kalian yang engga bawa bekal makanan sama sekali jangan khawatir ya. Di sini ada penjual makanan dan minuman yang kalian perlukan dan harganya pun cukup terjangkau. Jadi udah enak banget emang datang kesini tinggal jalan aja tanpa memikirkan nanti makan apa di sana.

Hal yang harus diperhatikan

  • Akses Jalan
    Ini yang wajib banget kamu ketahui juga ya, akses jalan kesini di beberapa titik ternyata masih bebatuan. Kadang ditemukan bebatuan tajam, jadi kalian yang bawa kendaraan jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraanya baik itu mobil ataupun motor dengan baik ya. Karena memang kesini butuh effort lebih dan jangan kesel, karena semua perjalanan itu akan dibayar dengan pemandangan pantai Midodaren yang keren dan kalain engga bakal nemuin di tempat lain.
  • Faktor Kendaraan
    Sudah dijelaskan tadi diatas ya, kita harus banget mempersiapkan kendaraan kita dalam kondisi fit. Kenapa sih kita harus mempersiapkan itu, karena jalan menuju ke pantai ini cukup memerlukan energi lebih. Jalannya beberapa jauh lumayan engga bagus sehingga kendaraan perlu di perhatikan.