Weekend minggu ini mau pada kemana nih? atau ada yang mau merencanakan liburan akhir tahun dan tahun baru. Jangan skip dulu ya, kalian mesti tau nih pantai yang selalu ramai pengunjung dan paling banyak wisata kesini. Udah pada tau belum Pantai Indrayanti di yogyakarta? Nah kalau yang udah pada tau, cusss…kita nostalgia. Kalian yang belum tau jangan khawatir ya, kita kali ini akan kunjungi pantai keren di Jogja ini.

Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti
Pintu masuk pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Jefry Affrianto)

Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Gunung Kidul Yogyakarta. Seperti yang sudah dijelaskan, pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap weekend, liburan sekolah, atau libur nasional seperti tahun baru dan lebaran. Tidak terlalu jauh dari yogyakarta, pantai ini menjadi destinasi yang mesti ada di list tujuan liburan kalian di kota Yogyakarta yes. Pantainya memang tidak terlalu luas, tapi pasir putih dipinggirnya dan karang yang menyambung ke tengah menjadi daya tarik yang eksotis.

Kalian juga bisa cek 24 Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta sebagai referensi liburan kalian.

Alamat Pantai Indrayanti

Nah, jadi Lokasi pantai dimana sih sebenarnya? Untuk detilnya alamat pantai yaitu di Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kalian masih bingung engga usah khawatir sih, nih kita sematkan peta/maps di bawah ini tinggal kamu klik aja ya nanti juga di arahkan ke lokasinya.

Rute Menuju ke Pantai Indrayanti

Arah dari Kota Yogyakarta

Jarak pantai ini dari kota Yogyakarta 63,9 km atau 1 Jam 35 menit waktu yang kita tempuh.

Jarak dari Yogyakarta 60 km

Tentu ini akan lebih cepat lagi sampainya kalau kalian membawa kendaraan roda dua seperti motor. Untuk menuju ke sini gampang banget loh. sementara itu, kita cek deh pertama.
– Kalian cukup dari titik nol Yogyakarta melewati Gembira Loka Zoo/Stadion Mandala Krida hanya ikuti jalan raya Nasional menuju Wonosari ya.
– Ikuti jalan ini sampai kamu melewati Heha Sky View dan sampai ke kota Wonosari.
– Sebelum Polsek Gunung Kidul kalian belok kanan ambil jalan Baron.
– Sampai ketemu perempatan Planjan-Tepus (JJLS Ngestirejo) kita belok kiri ya.
– Jalan terus sampai ketemu pertigaan ambil kanan sampai kamu ketemu tempat retribusi Tepus.
– Engga sampai 5 menit kalian sampai deh di pantai ini.

Pantai Indrayanti
Biota Laut di Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @yan fauzi)

Arah dari Wonosari

Nah untuk kalian yang dari arah Wonosari, ini deket loh dari tempat kalian. Karena jarak dari kota Wonosari hanya 25,6 km atau 41 menit menggunakan mobil dan akan lebih cepat lagi ya kalau kita pakai motor.

Jarak dari Wonosari 25,6 km

– Sebelum Polsek Gunung Kidul kalian belok kanan ambil jalan Baron.
– Sampai ketemu perempatan Planjan-Tepus (JJLS Ngestirejo) kita belok kiri ya.
– Jalan terus sampai ketemu pertigaan ambil kanan sampai kamu ketemu tempat retribusi Tepus.
– Engga sampai 5 menit kalian sampai deh di pantai ini.

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Agus Dwi Jatmiko)

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Tiba lah saatnya untuk cek tiket masuk ya, jadi untuk bisa menikmati pantai ini engga mahal kok, hehehe… Nah untuk harga tiket masuk pantai Indrayanti kalian hanya membayar tiket masuk Rp.10.000,- aja per orang. Cukup terjangkau untuk kalian yang akan berwisata ke sini. Parkir di sini juga cukup luas ya, bahkan bisa masuk bus gitu deh.

  • Harga Tiket Masuk Rp.10.000,
  • Harga Parkir Mobil Rp.10.000/kendaraan
  • Harga Parkir Motor Rp.5.000/kendaraan

Jam Operasional Pantai

Sedangkan untuk jam operasional ini bisa buka sampai 24 jam ya. Kalian bisa juga sewa tenda untuk camp di sini makanya kenapa jam operasional nya di buka seharian penuh.

  • 24 Jam

Penginapan terdekat

Buat kalian yang punya rencana menginap di daerah sini juga bisa banget loh, apalagi yang dari jauh nih. Penginapan di sini banyak banget di sepanjang jalan menuju pantai. Nah, untuk tarif penginapan pantai Indrayanti sendiri sangat variatif, mulai dari Rp.100.000 sampai dengan Rp.500.000 juga ada. Kalian bisa cek di www.traveloka.com

Fasilitas Pantai

Beberapa fasilitas pantai Indrayanti Yogyakarta ini tentu saja cukup beragam dan engga akan buat kalain bosen untuk berlama-lama di sini. Disamping fasilitas fisik seperti kamar ganti/mandi, pemandangan atau view pantai engga kalah menariknya. Apa aja emang fasilitas pantai ini? tanpa menunda-nunda lagi yuk cek it out.

1.Pemandangan dari Bukit Karang

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Oppo A9 2020)


Pertama nih, kalian mesti banget naik keatas bukit di pantai ini, karena viewnya keren banget dan kita bisa menikmati pemandangan dengan semilirnya angin laut.
Harga Rp.50.000 sepuasnya

2. Biota Laut yang bisa ditangkap

Karang Pantai Indrayanti
Karang Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Aziz Permana)

Nah, untuk yag satu ini nunggu surut ya pantainya biasanya pagi jam 6.00 sampai jam 9.00 kita masih bisa menemukan binatang laut seperti kelomang, kepiting, kerang, bintang laut bahkan bulu babi.

3. Bisa Camping
Eith, jangan lupa ya di sini juga kalian bisa camping loh, mendirikan tenda dan menginap di pinggir pantai itu sesuatu yang tidak bisa di nilai dengan uang. heheh…

4. Jasa Fotografer

Pantai Indrayanti
Hasil Fotografer Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @isna ulin)

Yang engga mau ribet bawa kamera dan pengen simpel tinggal foto aja, di sini disediakan jasa fotografer. Jangan lupa minta file nya ya.
Harga Rp.3.000 per foto

5. Pasir Putih dan Karang

Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Aziz Permana)
Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Aziz Permana)

Kebetulan pantai ini tipenya berpasir putih di pinggir nya dan agak menjorok ke laut sudah berkarang, jadi cocok banget buat main air kamu dan keluarga.

6. Pendopo/Saung

Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Khairunnisa Z Putri)
Pendopo/saung di Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Khairunnisa Z Putri)

Setelah kalian cape main di pinggir pantai dan mau istirahat bisa banget singgah dulu di pendopo atau saung pinggir laut. Kalian di sini bisa rehat sejenak dengan tetap bisa menikmati pemandangan laut.
Harga Rp.30.000 sepuasnya

Makanan di Pantai Indrayanti

7. Parkir

Parkiran Pantai Indrayanti
Parkiran Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Sy Firdausy)

Untuk parkir kendaraan sangat memungkinkan sekali kalian bawa Mobil apalagi motor ya.
Harga Rp.5.000 motor
Harga Rp.10.000 mobil

8. Makanan Ikan segar

Makanan Laut Pantai Indrayanti
Makanan Laut Pantai Indrayanti (kredit foto googlemaps @Kiki Micro)

Nah terakhir yang suka makan dan yang lagi laper jangan khawatir deh, banyak penjual ikan segar dan bisa masak di tempat, nikmat engga tuh.
Harga Rp.10.000 s.d. Rp.80.000